Jurnal Akuntansi : Kepuasan Kerja dan Integritas sebagai Pemoderasi Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Karyawan

Kepuasan Kerja dan Integritas sebagai Pemoderasi Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Karyawan

ABSTRAK

Setiap perusahaan wajib memberikan suatu informasi dari hasil proses akuntansi setiap periodenya untuk memenuhi kebutuhan informasi keuangan bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan SIA terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja dan integritas sebagai pemoderasi. Penelitian ini dilaksanakan pada BPD Bali di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang yang diperoleh dengan teknik non-probability sampling dengan metode sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian menunjukkan SIA yang telah diterapkan pada BPD Bali di Kota Denpasar mampu meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan kerja memperkuat pengaruh penerapan SIA pada kinerja karyawan BPD Bali di Kota Denpasar. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa integritas yang dimiliki karyawan tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh penerapan SIA pada kinerja karyawan BPD Bali di Kota Denpasar.

SIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik simpulan sebagai berikut: 1) Penerapan SIA berpengaruh positif pada kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan SIA pada BPD Bali di Kota Denpasar dapat memermudah dan mempercepat penyelesaian tugas yang dilakukan setiap karyawan di lembaga tersebut; 2) Kepuasan kerja memperkuat pengaruh penerapan SIA pada kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan diperolehnya kepuasan kerja oleh karyawan di dalam penggunaan SIA yang telah diterapkan, maka dapat membantu memperlancar dalam menyelesaikan tugas yang diberikan; 3) Integritas tidak memoderasi pengaruh penerapan SIA pada kinerja karyawan. Hal ini disebabkan seluruh karyawan di BPD Bali yang bekerja di bagian staf kredit, dana & jasa, teller, back office, serta penyelamatan kredit diwajibkan untuk menggunakan SIA yang telah disediakan, agar menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil R square sebesar 79 persen yang menunjukkan bahwa masih ada 21 persen faktor lain di luar model yang memengaruhi kinerja karyawan, sehingga saran yang diberikan bagi peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lainnya yang dapat memengaruhi dan memperkuat kinerja karyawan.

 

Note : Untuk jurnal dalam format lengkap, teman-teman bisa mengunduhnya di : http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1360323

Abepura.id

Abepura.id adalah perusahaan konten yang memberikan ѕоluѕі artikel lеngkар dаn tеrреrсауа untuk memenuhi kеbutuhаn informasi bermanfaat mengenai teknologi, smartphone, gadget, laptop, wisata, liburan, travel, piknik.