Jurnal Akuntansi : PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, BUDAYA ORGANISASI DAN KESESUAIAN TUGAS PADA KINERJA KARYAWAN

PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, BUDAYA ORGANISASI DAN KESESUAIAN TUGAS PADA KINERJA KARYAWAN

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh efektivitas penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA), budaya organisasi dan kesesuaian tugas pada kinerja karyawan di LPD di Kecamatan Mengwi. Penelitian ini dilakukan di LPD yang ada di Kecamatan Mengwi. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang menggunakan teknologi informasi. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling yang dilakukan pada LPD yang ada di Kecamatan Mengwi. Total Sampel yang didapat adalah 53 karyawan. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas penerapan SIA, budaya organisasi dan kesesuaian tugas berpengaruh positif pada kinerja karyawan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa semakin tinggi efektivitas penerapan SIA, budaya organisasi dan kesesuaian tugas maka semakin tinggi kinerja karyawan pada LPD di Kecamatan Mengwi.

SIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan pembahasan sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu efektivitas penerapan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan pada kinerja karyawan LPD di Kecamatan Mengwi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan teknik pemakai sistem informasi akuntansi karyawan yang ada di LPD Kecamatan Mengwi, maka kinerja karyawan akan meningkat. Budaya organsiasi berpengaruh positif signifikan pada kinerja karyawan LPD di Kecamatan Mengwi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin baik budaya organisasi karyawan yang ada di LPD Kecamatan Mengwi, maka kinerja karyawan akan meningkat. Kesesuaian tugas berpengaruh positifsignifikan pada kinerja karyawan LPD di Kecamatan Mengwi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin sesuai antara tugas dan teknologi yang diterapkan di LPD Kecamatan Mengwi, maka kinerja karyawan akan meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan yaitu perusahaan sebagaimana dalam penelitian ini LPD sebaiknya dapat memberikan pelatihan komputer sehingga karyawan dapat meningkatkan kemampuannya dalam penerapan sistem informasi akuntansi. Seabaiknya sebuah organisasi lebih berprinsip dan berpegang teguh pada konsep, visi dan misinya agar suatu tujuan dari organisasi dapat tercapai. Kerjasama dan komunikasi adalah hal terpenting dalam menjalankan kegiatan – kegiatan organisasi. Selain kerjasama dan komunikasi yang baik sistem yang diterapkan dalam suatu organisasi haruslah mendukung tugas – tugas dalam organisasi tersebut. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel – variabel lain yang mempengaruhi kinerja individual, karena hasil Adjusted R Square hanya menunjukkan 75,8% persen yang berarti masih ada 24,2%persen faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan seperti variabel kecanggihan teknologi informasi, kepuasan pengguna, dan lingkungan kerja fisik serta dapat melakukan penelitian di lokasi yang berbeda dengan jenis perusahaan yang berbeda.

 

Note : Untuk jurnal dalam format lengkap, teman-teman bisa mengunduhnya di http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1360071

Abepura.id

Abepura.id adalah perusahaan konten yang memberikan ѕоluѕі artikel lеngkар dаn tеrреrсауа untuk memenuhi kеbutuhаn informasi bermanfaat mengenai teknologi, smartphone, gadget, laptop, wisata, liburan, travel, piknik.