Review Aplikasi Buku Catatan Akuntansi Digital

Buku Catatan Akuntansi Digital – Buku Warung berdiri pada tahun 2019 dengan visi membantu mengatasi kesenjangan layanan keuangan pada hampir 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh Indonesia. Merupakan sebuah aplikasi pencatatan keuangan harian serta pembukuan usaha bagi UMKM guna mencatat keuntungan penjualan yang diperoleh dari transaksi bisnis.

Review Aplikasi Buku Catatan Akuntansi Digital
Review Aplikasi Buku Catatan Akuntansi Digital

Pencatatan akuntansi yang dapat dilakukan dengan aplikasi ini meliputi pemasukan dan pengeluaran serta hutang dan piutang pelanggan yang dapat dilakukan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun.

Proses Pencatatan Akuntansi

Akuntansi adalah proses yang dimulai dari mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan sehingga informasi yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan-keputusan penting yang berkaitan dengan perusahaan.

Tujuan dilakukannya pencatatan akuntansi adalah untuk memberikan informasi terkait keuangan perusahaan, perubahan sumber ekonomi perusahaan, perubahan kewajiban perusahaan, memperkirakan potensi laba yang dapat diperoleh perusahaan, serta menyampaikan informasi mendalam terkait pelaporan keuangan. Informasi keuangan perusahaan yang tercatat dalam akuntansi meliputi asset perusahaan, modal perusahaan, hutang perusahaan, arus kas masuk dan keluar, pendapatan, beban atau biaya-biaya, serta perhitungan laba dan rugi perusahaan.

Pada awalnya proses pencatatannya dilakukan secara manual, namun seiring dengan perkembangan zaman proses pencatatan akuntansi dilakukan dengan sistem komputerisasi. Tidak hanya menggunakan komputer, proses pencatatan akuntansi telah berkembang dengan adanya aplikasi keuangan yang tersedia dalam perangkat hp salah satu diantaranya adalah Buku Warung.

Akuntansi dan UMKM

Di Indonesia, UMKM memegang peranan vital dalam rangka pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Sayangnya perkembangan UMKM masih terkendala oleh beberapa masalah diantaranya ketiadaan modal guna mengembangkan usaha dan masalah pembukuan akuntansi atau pengelolaan keuangannya.

Seperti yang telah disampaikan, laporan keuangan memiliki peran yang penting dalam memberikan informasi-informasi terkait perkembangan perusahaan sementara sebagian besar pelaku UMKM enggan untuk melakukan praktik akuntansi. Mereka hanya melakukan pencatatan keuangan yang berasal dari arus kas saja sehingga mereka kesulitan untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Hal ini terjadi karena para pelaku UMKM belum memiliki pemahaman terkait penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Dari permasalahan ini Buku Warung membuat sebuah inovasi pembukuan bagi para pelaku UMKM agar lebih mudah dalam melakukan pencatatan akuntansi. Aplikasi keuangan digital ini mencatat berbagai transaksi yang meliputi pemasukan, pengeluaran, utang piutang pelanggan hingga menghitung omset dari sebuah usaha dengan sangat mudah.

Kelebihan lainnya adalah dengan aplikasi ini anda bisa membuat laporan harian, mingguan, bulanan guna melakukan penagihan piutang tanpa takut kehilangan uang karena terjadi kesalahan nominal. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan pengingat SMS atau WA yang secara otomatis memberikan notifikasi tentang pembayaran utang pelanggan. Semua data terkait usaha tersebut akan disimpan secara aman.

Abepura.id

Abepura.id adalah perusahaan konten yang memberikan ѕоluѕі artikel lеngkар dаn tеrреrсауа untuk memenuhi kеbutuhаn informasi bermanfaat mengenai teknologi, smartphone, gadget, laptop, wisata, liburan, travel, piknik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *