Yuk Kenali Cara Memilih Sepeda Gunung yang Bagus!

Bersepeda jadi salah satu hobi yang sedang digandrungi banyak orang. Selain menyehatkan dan mengurangi bosan, bersepeda juga jadi salah satu cara menghindari keramaian transportasi umum yang beresiko di saat pandemi ini. Tidak heran jumlah penjualan sepeda pun melonjak drastis. Salah satu yang paling banyak dicari seperti jenis sepeda gunung atau mountain bike.

Yuk Kenali Cara Memilih Sepeda Gunung yang Bagus!
Yuk Kenali Cara Memilih Sepeda Gunung yang Bagus (instagram.com/polygonbikes)

Nah, apakah kamu juga berencana membeli sepeda gunung untuk memulai hobi bersepeda di masa pandemi ini? Jangan sampai salah pilih ya. Agar kamu tetap nyaman dan serius menjalani hobi bersepeda ini, pastikan kamu memilih sepeda gunung yang tepat. Berikut beberapa cara memilih sepeda gunung yang bagus untuk kamu simak ya.

Pilih Merk yang Sudah Dikenal Kualitasnya

Kualitas jelas jadi salah satu faktor yang tidak boleh kamu lewatkan. Kualitas yang baik akan membuat sepeda gunung lebih nyaman digunakan dan awet. Nggak mau kan kecewa karena umur sepeda yang tidak tahan lama? Jika kamu bingung menilai kualitasnya, kamu bisa cari sepeda gunung dari merk populer seperti sepeda gunung Polygon yang sudah lama dikenal dengan kualitasnya yang terbaik.

Pilih Jenis Sepeda Gunung yang Tepat

Sepeda gunung memang dirancang untuk digunakan di medan yang sulit seperti jalur gunung atau permukaan tidak beraspal. Tapi kamu juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis sepeda gunung yang dibedakan berdasarkan suspensi dan jenis trek yang dilewati. Misalnya mountain bike jenis trail untuk trek ringan, cross country untuk medan semi ekstrem, enduro atau all mountain untuk jalur-jalur menantang, hingga downhill untuk menuruni bukit dan pegunungan. Jika kamu masih pemula, maka jenis mountain bike trail sudah cukup memuaskan.

Pastikan Ukurannya Tepat Demi Kenyamanan

Selanjutnya, ukuran sepeda gunung juga tidak boleh dilupakan. Ukuran sepeda akan menentukan kenyamanan kamu selama bersepeda. Pilihlah ukuran frame yang sesuai dengan tinggi tubuh. Biasanya kamu bisa menghitungnya dengan mengecek tinggi badan, lalu cek panjang inseam dari ujung kaki hingga ke daerah selangkangan. Hasil pengukuran ini nanti bisa disesuaikan dengan tabel geometri frame merek sepeda gunung yang ingin dibeli

Selain ukuran tadi, kamu juga harus mempertimbangkan ukuran ban juga loh. Biasanya ban 29 inci membuat kayuhan lebih ringan dan laju yang lebih cepat. Cocok digunakan untuk sepeda trail. Sementara untuk ukuran 27,5 inci cocok untuk bersepeda di jalur sulit atau dengan jarak tempuh yang panjang. Cocok untuk jenis sepeda gunung tipe enduro, downhill. Ada juga ukuran 27,5 inci plus yang nyaman digunakan di semua medan.

Lihat Juga Material Frame Sepeda

Material frame sepeda gunung yang kamu pilih akan memengaruhi kualitas, kekuatan dan berat sepeda. Bahan aluminium alloy biasanya jadi bahan frame sepeda gunung yang umum. Sementara pada jenis yang lebih mahal sudah pakai aluminium yang lebih ringan.

Selain tips-tips tadi kamu juga perlu menyesuaikan budget yang kamu miliki tentunya. Harga sepeda gunung yang mahal memang biasanya memberikan spesifikasi yang lebih baik. Tapi jika kamu masih pemula dan baru menekuni hobi ini, tidak apa-apa untuk memulai dari harga yang paling sesuai budget kamu kok. Perlahan kamu juga bisa upgrade sepeda gunung yang kamu miliki terutama jika kamu sudah punya pengetahuan semakin luas tentang si sepeda gunung ini. Selamat memilih sepeda gunung terbaik versi kamu ya.

Abepura.id

Abepura.id adalah perusahaan konten yang memberikan ѕоluѕі artikel lеngkар dаn tеrреrсауа untuk memenuhi kеbutuhаn informasi bermanfaat mengenai teknologi, smartphone, gadget, laptop, wisata, liburan, travel, piknik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *